Perilaku prokrastinasi dapat diartikan sebagai suatu penundaan dalam memulai dan menyelesaikan tugas secara sengaja dan berulang dengan melakukan aktivitas lain yang tidak penting sehingga mengakibatkan terhambatnya penyelesaian tugas akademik. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah perilaku prokrastinasi akademik dalam Mata Kuliah Karya Tulis Ilmiah mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi FKIP USK angkatan 2017-2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku prokrastinasi akademik dalam Mata Kuliah Karya Tulis Ilmiah mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi angkatan 2017-2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Juruasn Pendidikan Geografi FKIP USK angkatan 2017-2018 yang mengambil Mata Kuliah Karya Tulis Ilmiah lebih dari satu semester. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling, jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 58 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, observasi dan angket. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil pengolahan data menunjukan bahwa perilaku prokrastinasi dalam Mata Kuliah Karya Tulis Ilmiah sebanyak 4 responden (7%) berada pada kategori sangat tinggi, 12 responden (20,7%) berada pada kategori tinggi, 23 responden (39,6%) berada pada kategori sedang, 12 responden (20,7%) berada pada kategori rendah dan 7 responden (12%) berada pada kategori sangat rendah. Dapat disimpulkan bahwa yang paling banyak melakukan perilaku prokrastinasi dalam Mata Kuliah Karya Tulis Ilmiah berada pada kategori sedang sebanyak 23 responden (39,6%).
Copyrights © 2022