Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi
Vol 7, No 1 (2022): FEBRUARI 2022

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM QUIZ DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED TEACHING DALAM PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 1 INDRA MAKMU

Novianti, . (Unknown)
Abdi, Abdul Wahab (Unknown)
Maulidian, Muhammad Okta Ridha (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini berkaitan dengan perbandingan hasil belajar peserta didik dari dua model pembelajaran yaitu kooperatif Team Quiz dan Guided Teaching. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar peserta didik pada pelajaran geografi yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Team Quiz lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Guided Teaching pada peserta didik kelas XI SMAN 1 Indra Makmu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran geografi yang diajarakan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Team Quiz lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar peserta didik yang diterapkan dengan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Guided Teaching pada peserta didik kelas XI SMAN 1 Indra Makmu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMAN 1 Indra Makmu berjumlah 35 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling diambil hanya dua kelas yaitu kelas XI IPS 1 sebanyak 18 peserta didik dan XI IPS 2 sebanyak 17 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, yaitu pre-test dan post-test. Teknik analisis data menggunakan Analisis Kemampuan Awal, Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Hipotesis. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar mata pelajaran geografi yang menggunakan model pembelajaran Team Quiz lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Guided Teaching. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t-test taraf signifikan 5% diperoleh ttabel = 1,69 sedangkan thitung=0,87, dari pengolahan data diperoleh thitungttabel maka Ha ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif Team Quiz tidak lebih baik dari pada model pembelajaran Guided Teaching dalam pembelajaran geografi pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Indra Makmu.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

geografi

Publisher

Subject

Astronomy Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Other

Description

urnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi (JIMPGEO) is a scientific journal which is a place for publication of the results of research on the final project of undergraduate (S1) students in the Department of Geography Education. JIMPGEO publishes one volume and four numbers in a year, namely in ...