Tingkat keberhasilan suatu proses pendidikan geografi yaitu dengan melihat tingkat pencapaian prestasi belajar mahasiswa. Prestasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satu faktor internal yaitu kecerdasan. Kecerdasan yang dimaksud meliputi kecerdasan intelktual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual dengan prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP USK angkatan 2016-2017. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dana kecerdasan spiritual dengan prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP USK angkatan 2016-2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi FKIP USK angkatan 2016-2017. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling, jumlah sampel 58 responden. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi ganda dan uji korelasi Spearman Rank. Berdasarkan hasil pengolahan dan pembahasan maka dapat diambil simpulan ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual dengan prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi FKIP USK angkatan 2016-2017.
Copyrights © 2022