Penelitian yang telah dilakukan bertujuan untuk untuk mengetahui hubungan persepsi mahasiswa tentang profesi guru dan sikap keguruan dengan kesiapan menjadi guru mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kuantitatif yang berarti semua data dan informasi penelitian diungkapkan dengan angka dan analisisnya menggunakan analisis statistik. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan pendidikan geografi FKIP Unsyiah angkatan 2016 dan 2017, dan sampel penelitian berjumlah 30 mahasiswa. Tempat penelitian di FKIP Jurusan pendidikan Geografi Kampus Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh. Waktu pelaksanaan yaitu Januari- April 2021. Hasil penelitian diperoleh informasi bahwa persepsi mahasiswa tentang profesi guru dan sikap keguruan bersama-sama memiliki hubungan dengan kesiapan menjadi guru. Dengan hasil persamaan regresi ganda yang terbentuk yaitu Y = , koefisien determinasi berganda sebesar 56,2 %, dan sisanya 43,8% ditentukan oleh faktor lain dari luar penelitian. Koefisien korelasi ganda sebesar 0,75 dan uji hipotesis menunjukkan bahwa Fhitung (17,3) Ftabel (3,35) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat diambil kesimpulan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi mahasiswa tentang profesi guru dan sikap keguruan dengan kesiapan menjadi guru mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi FKIP Universitas Syiah Kuala
Copyrights © 2021