Untuk mewujudkan tujuan Pendidikan Nasional, diperlukan guru profesional yang menguasai kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Untuk dapat menguasai empat kompetensi tersebut, guru perlu meningkatkan tingkat pendidikannya, aktif mengikuti pelatihan, dan menjadikan pengalaman mengajar sebagai guru yang terbaik. Penelitian yang dilakukan difokuskan pada peningkatan profesionalisme guru melalui pnedidikan, pelatihan dan pengalaman mengajar di SD Bandung Jawa Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah tingkat pendidikan, pelatihan, dan pengalaman mengajar sangat signifikan terhadap profesionalisme guru Sekolah Dasar di SDN 135 Turangga dan SDN Arafah dan seberapa besar dampak pendidikan, pelatihan, dan pengalaman mengajar tersebut terhadap profesionalisme guru Sekolah Dasar di SDN 135 Turangga dan SDN Arafah, untuk mengetahui cara kepala sekolah dalam meningkatan profesionalisme guru, strategi yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru, kendala apa saja yang dihadapi dalam peningkatan profesionalisme guru dan solusi yang dilakukan dalam meningkatkan profesionalisme guru. Kajian teori yang menjadi landasan dalam penelitian ini terdiri atas landasan teologis dan landasan teoritis dan diakhiri dengan dengan kajian penelitian terdahulu yang relevan. Untuk mengungkapkan permasalahan penelitian, metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa Guru yang mempunyai kinerja yang bagus mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap proses belajar mengajar disekolah. Guru yang memiliki kinerja yang baik dapat membuat suasana belajar di kelas menjadi lebih menyenangkan dan menarik dengan mengkombinasikan antara media dan metode pembelajaran yang tepat.
Copyrights © 2024