AL TADIB : Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol 11 No 1 (2021): Jurnal Imu Pendidikan Al Ta'dib

HUBUNGAN PENERAPAN METODE AT-TARTIL DENGAN MINAT BELAJAR MELAFALKAN AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI MTS NEGERI 16 JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2019-2020

Ayun, Kurrota (Unknown)
Inayatul Ilahiyah, Iva (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Mar 2021

Abstract

At-Tartil adalah salah satu metode pembelajaran Al-Qur’an yang dibentuk oleh Lembaga Ma’arif Sidoarjo untuk mengurangi masyarakat yang tidak bisa melafalkan Al-Qur’an, yang mana teknik pembelajarannya lebih menuntut santri untuk lebih aktif dengan menerapkan irama tartil yang sesuai dengan ajaran dalam ilmu tajwid. Sedangkan minat dalam belajar melafalkan Al-Qur’an adalah suatu keadaan ketika peserta didik memiliki ketertarikan atau kecenderungan untuk bisa melafalkan Al-Qur’an dengan perasaan senang dan mempunyai perhatian untuk mengetahui, mempelajari, memiliki dan membuktikannya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Untuk Mengetahui Penerapan Metode At-Tartil di MTs Negeri 16 Jombang Tahun Pelajaran 2019-2020. 2. Untuk Mengetahui Minat Belajar Melafalkan Al-Qur’an Peserta Didik di MTs Negeri 16 Jombang Tahun Pelajaran 2019-2020. 3. Untuk Mengetahui Hubungan Penerapan Metode At-Tartil dengan Minat Belajar Melafalkan Al-Qur’an Peserta Didik di MTs Negeri 16 Jombang Tahun Pelajaran 2019-2020. Pendekatan kuantitatif adalah pendekatan yang dipakai peneliti untuk penelitian ini, dengan jenis penelitian korelasional, adapun sampel pengambilannya menggunakan teknik stratified random sampling dengan mengambil sampel sebesar 15% dari jumlah populasi, pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi dengan memakai analisis uji korelasi spearman. Hasil dari penelitian mengungkapkan: 1. Penerapan metode At-Tartil di MTs Negeri 16 Jombang tahun pelajaran 2019-2020 baik, dibuktikan dengan hasil penelitian yang menunjukkan prosentase secara umum sebesar 85,8%. 2. Minat belajar melafalkan Al-Qur’an peserta didik di MTs Negeri 16 Jombang tahun pelajaran 2019-2020 cukup baik, dibuktikan dengan hasil penelitian yang menunjukkan prosentase secara umum sebesar 77,2%. 3. Hasil penerapan metode At-Tartil dengan minat belajar melafalkan Al-Qur’an peserta didik di MTs Negeri 16 Jombang tahun pelajaran 2019-2020 terbukti ada hubungan dengan koefisien korelasinya sebesar 0,544 yang berarti memiliki hubungan yang sedang atau cukup.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

al-tadib

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Al Tadib: Jurnal Pendidikan Islam is a scientific journal published twice a year, in March and September. This journal contains scientific articles related to the study of Islamic education from various approaches and perspectives. The topics covered in this journal include, but are not limited to: ...