Binary: Jurnal Teknologi Informasi dan Edukasi
Vol. 1 No. 2 (2024): Jurnal Bynary Vol. 1 No. 2 (2024)

Pengembangan Media Interaktif Berbasis Adobe Animate Pada Materi Teknologi Informasi Dan Komunikasi SMK Kelas X

aan, Aan Hermawan (Unknown)
Nindy Devita Sari (Unknown)
Effendi (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Animate dan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran serta untuk mengetahui tingkat kemenarikan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Animate di kalangan peserta didik kelas X tingkat SMK/SMA. Prosedur pengembangan in i mengadap tasi model pengembangan 4D yang di kembangkan oleh Thiagarajan yang kemudian dimodifikasi menjadi 3D. Terdapat 3 tahap prosedur penelitian yang dijalankan, yaitu (1) Tahap pendefinisian (define), (2) Tahap perancangan (design) dan (3) Tahap pengembangan (develop), Pengambilan Proses penilaian kelayakan media pembelajaran dengan memberikan angket kepada ahli materi, ahli media, responden uji coba lapangan sebanyak 30 siswa. Uji coba dilakukan di SMK Negeri 1 Belitang III. Data angket kemudian di olah untuk menentukan tingkat kelayakan media pembelajaran . Hasil penelitian berupa produk media pembelajaran untuk materi teknologi informasi dan komunikasi berbasis aplikasi Adobe Animate dengan hasil penilaian dari ahli media mendapat rerata skor sebesar 3,27 dalam kategori Sangat Layak. Hasil penilaian dari ahli materi mendapat rerata skor sebesar 3,6 dalam kategori Sangat Layak. Hasil penilaian dari uji coba lapangan mendapat rerata skor sebesar 3,47 dalam kategori Sangat Layak. Berdasarkan data tersebut dapat di simpulkan bahwa media pembelajaran untuk materi teknologi informasi dan komunikasi bebrasis Adobe Animate dinyatakan Sangat Layak digunakan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Binary

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Binary is Journal of Information Technology and Education managed by the Information Technology Education Study Program, Faculty of Education, Nurul Huda University. Binary Journal is published two times a year, namely in January and July. Binary has coverage of research in the fields of ...