Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kepuasan mahasiswa terhadap layanan laboratorium pada Program Studi Pendidikan Fisika di UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Permasalahan utama yang diangkat adalah belum adanya evaluasi sistematis berbasis persepsi mahasiswa terhadap mutu layanan laboratorium. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan instrumen angket yang disusun berdasarkan model SERVQUAL, mencakup enam dimensi: tangibles, reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan sistem informasi. Data diperoleh dari 60 responden mahasiswa menggunakan skala Likert 4 poin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi assurance memperoleh skor tertinggi sebesar 3,51, sementara dimensi tangibles memperoleh skor terendah sebesar 3,22. Temuan ini mengindikasikan bahwa mahasiswa sangat menghargai kompetensi dan profesionalitas pembimbing, tetapi menilai sarana dan prasarana perlu ditingkatkan. Rekomendasi diberikan kepada pengelola laboratorium untuk memperkuat aspek infrastruktur fisik dan digitalisasi sistem informasi guna menunjang kualitas layanan praktikum yang lebih baik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025