Pendidikan suatu bangsa dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain kurikulum, guru atau tenaga pengajar, fasilitas, dan sumber belajar. Model problem based learning memiliki potensi besar untuk meningkatkan pembelajaran IPS dan memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur terkait kemampuan berpikir kritis yang menggunakan model problem based learning dalam pembelajaran IPS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode metode SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan dan mengkaji artikel terkait kemampuan berpikir kritis menggunakan model pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran IPS yang dipublikasi pada tahun 2019-2023. Peneliti mengumpulkan sebanyak 20 artikel dalam jurnal dari Google Schoolar. Berdasarkan hasil review secara sistematik terhadap beberapa studi yang telah terpublikasi dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran problem based learning efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam kegiatan pembelajaran IPS yang mana dalam implementasinya melibatkan siswa pada proses pembelajaran yang aktif, kolaboratif, berpusat pada siswa sekolah dasar.
Copyrights © 2024