Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berhitung matematika peserta didik kelas II SDN 31/VI Rantau Panjang II, Kecamatan Tabir, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. Alasan peneliti memilih model PAIKEM berbantuan media visual raindrop counting dalam pembelajaran matematika dengan materi berhiutng adalah diduga dapat meningkatkan keterampilan berhitung peserta didik serta lebih aktif dan kreatif dalam mengikuti pembelajaran matematika dikelas. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam siklus-siklus dan akan dihentikan jika sudah memenuhi indicator keberhasilan. Desain penelitian tindakan kelas ini menggunakan 2 siklus dengan model siklus dari Kurt Lewin yang memiliki 4 tahapan yaitu perencanaan (planning), tindakan pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Tempat penelitian di kelas II SDN 31/VI Rantau Panjang II, dengan banyak peserta didik 24 orang. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model PAIKEM berbantuan media visual Raindrop Counting dapat meningkatkan keterampilan berhitung peserta didik di kelas II SDN 31/VI Rantau Panjang II. Hal ini terlihat dari proses dan hasil keterampilan berhitung peserta didik pada akhir siklus II sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu 75. Terlihat pada lembar observasi peserta didik pada siklus I yaitu 62,5% dan pada siklus II 87,5%. Pada lembar observasi pendidik juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I 76,5% naik pada siklus II menjadi 93,75%. Pada hasil keterampilan berhitung peserta didik melalui soal tes mengalami peningkatan yaitu pada siklus I 76 dan siklus II 87,5%. Berdasarkan penelitian di kelas II SDN 31/VI Rantau Panjang II dengan menggunakan model pembelajaran PAIKEM berbantuan media Raindrop Counting pada materi perkalian maka dapat disimpulkan sebagai berikut: Penerapan model pembelajaran PAIKEM berbantuan media Raindrop Counting ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berhitung pada mata pelajaran matematika. Dari hasil observasi, penerapan model pembelajaran PAIKEM berbantuan media Raindrop Counting dapat terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya perolehan nilai ketika pelaksanaan observasi pendidik dan peserta didik. Terdapat peningkatan keterampilan berhitung peserta didik pada mata pelajaran matematika kelas II SDN 31/VI Rantau Panjang II dengan menggunakan model pembelajaran PAIKEM berbantuan media Raindrop Counting yaitu dengan melihat tingkat ketuntasan belajar peserta didik pada setiap siklusnya
Copyrights © 2024