Fatih: Journal of Contemporary Research
Vol. 2 No. 2 (2025): July-December

Strategi Pembelajaran PAI pada Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Kota Jambi

Hamid, Abdul (Unknown)
Sari, Anita (Unknown)
Wahid, Abdul (Unknown)
Iskandar, Wahyu (Unknown)
Sayed, Sayed (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Oct 2025

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan mata pelajaran fundamental dalam sistem pendidikan nasional yang bertujuan membentuk karakter religius dan akhlak mulia siswa. Penelitian ini mengkaji implementasi strategi pembelajaran PAI yang diterapkan di SMA Negeri 11 Kota Jambi dalam menghadapi tantangan era digital dan implementasi Kurikulum Merdeka. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik triangulasi data melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, dan analisis dokumentasi. Subjek penelitian meliputi guru PAI, kepala sekolah, dan staf terkait pembelajaran PAI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMAN 11 Jambi menerapkan strategi pembelajaran PAI yang komprehensif dan terintegrasi, meliputi pembelajaran berbasis teknologi digital, metode ceramah interaktif, diskusi kolaboratif, pembelajaran kontekstual, dan pendekatan saintifik. Strategi ini terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konseptual siswa terhadap ajaran Islam, pembentukan karakter Islami, dan pengembangan keterampilan digital. Namun, implementasi masih menghadapi tantangan berupa keterbatasan infrastruktur teknologi, variasi kompetensi digital guru, dan adaptasi siswa terhadap perubahan paradigma pembelajaran. Penelitian ini memberikan rekomendasi strategis untuk optimalisasi pembelajaran PAI melalui peningkatan kompetensi digital guru, pengembangan media pembelajaran interaktif, dan penguatan kolaborasi dengan stakeholder pendidikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

fatih

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Other

Description

The focus and scope of Fatih Journal of Contemporary Research is on various issues in multidisciplinary fields, both as material objects and formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners, and observers of interdisciplinary studies to publish their research results in ...