Penelitian ini mengembangkan dan menguji validitas serta kepraktisan media pembelajaran matematika Red or Blue Geometry, sebuah permainan kartu untuk materi geometri kelas IV sekolah dasar. Menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analisis, Desain, Development, Implementasi, Evaluasi), studi ini bertujuan menghasilkan, memvalidasi, dan mengevaluasi kepraktisan produk. Tahap Pengembangan melibatkan validasi oleh dua ahli materi dan dua ahli media, yang memberikan persentase 93,75% untuk ahli materi dan 92,9% untuk ahli media, mengkategorikan media sebagai sangat valid dan layak digunakan. Untuk Implementasi (uji kepraktisan), dilakukan uji coba terbatas pada 14 siswa SD Negeri 1 Banaran dan uji coba lapangan pada 25 siswa SD Negeri 2 Sambirejo. Hasil uji coba terbatas mendapatkan persentase 88,9%, sementara uji coba lapangan mencapai 94,6%, yang masuk dalam kategori sangat praktis. Respons guru juga sangat positif, 95,2% sangat praktis. Data kepraktisan ini dikumpulkan melalui angket dan observasi. Berdasarkan temuan ini, media kartu Red or Blue Geometry dinyatakan valid dan dapat diterapkan sebagai alat bantu pembelajaran matematika yang terintegrasi dengan model Game-Based Learning (GBL) bagi siswa sekolah dasar. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Kartu Red or Blue Geometry, Matematika.
Copyrights © 2025