Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widyaswara Indonesia (JPMWI)
Vol. 1 No. 2 (2025): JPMWI-APRIL

Implementasi Pelayanan Umum di Bank BPR Pakan Rabaa Kabupaten Solok Selatan

Putra Ilyas (Unknown)
Mandra Adrika Putra (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Apr 2025

Abstract

Adapun tujuan dari pelaksaan Kuliah Lapangan Manajemen (KLM) ini yaitu melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi STIE (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi) Widyaswara Indonesia (Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat) dengan, 1. Mengamati dan menganalisis implementasi pelayanan umum yang diterapkan di BPR Pakan Rabaa. 2. Mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi BPR dalam melayani masyarakat, terutama di bidang teknologi dan akses layanan. 3. Menyusun rekomendasi yang dapat membantu BPR Pakan Rabaa dalam meningkatkan kualitas pelayanan umum, baik melalui inovasi maupun peningkatan sumber daya manusia. Metodenya diawali dengan tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap penulisan laporan sehingga pelaksanaan KLM (Kuliah Lapangan Manajemen tercapai. Kesimpulan dari kegiatan KLM ini yaitu pelayanan umum di bank ini sudah berjalan cukup baik, terutama dalam memberikan layanan kredit mikro kepada pelaku UMKM di Solok Selatan. Namun, ada beberapa area yang perlu ditingkatkan, terutama dalam hal adopsi teknologi digital dan peningkatan literasi keuangan di kalangan nasabah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpmwi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widyaswara Indonesia adalah Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widyaswara Indonesia (JPMWI) merupakan publikasi ilmiah yang berfokus pada hasil-hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh widyaiswara, akademisi, dan praktisi. Jurnal ini ...