Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widyaswara Indonesia (JPMWI)
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widyaswara Indonesia adalah Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widyaswara Indonesia (JPMWI) merupakan publikasi ilmiah yang berfokus pada hasil-hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh widyaiswara, akademisi, dan praktisi. Jurnal ini bertujuan untuk memfasilitasi penyebarluasan inovasi, solusi, serta program pengembangan masyarakat yang berkontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan sosial, pendidikan, ekonomi, dan lingkungan. Setiap artikel dalam jurnal ini mengangkat topik-topik seperti pemberdayaan masyarakat, pelatihan, pendampingan, serta kolaborasi antara lembaga pendidikan, pemerintah, dan komunitas lokal. Melalui publikasi ini, JPMWI berperan sebagai sarana untuk memperkuat peran akademisi dan praktisi dalam mendukung pembangunan masyarakat yang berkelanjutan.
Articles
32 Documents
Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) di UPT SDN 07 Mudiak Lawe Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan
Yusi Marsa Heriyandini;
Esa Yulimarta;
Peki Fitra Sandi
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widyaswara Indonesia Vol. 1 No. 1 (2025): JPMWI-JANUARI
Publisher : LPPM Widyaswara Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.63879/jpmwi.v1i1.1
Program PKM ini bertujuan untuk membekali siswa dengan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi guru profesional, yang mampu memberikan pengajaran yang efektif dan beradaptasi dengan lanskap pendidikan yang terus berubah. Metode pelaksanaan kegiatan Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) adalah observasi dan praktek mengajar. Didalam pelaksanaan PkM ini mahasiswa mengawali kegiatan melalui kegiatan pelatihan mengajar terbimbing, selanjutnya setelah kegiatan ini dilalui mahasiswa berikutnya pelatihan mandiri, pada tahap ini mahasiwa melakukan proses mengajar di kelasa secara mandiri atau rampa di temani oleh guru pamong lagi. Setelah Mahasiswa melaksanakan latihan terbimbing dan latihan mandiri. Mahasiswa melaksanakan kegiatan pelatihan tugas keguruan di mana Mahasiswa di tuntut untuk mengajar di dalam kelas dan dinilai oleh guru pamong. Selain kegiatan diatas mahasiswa juga berkontribusi didalam kegiatan ekstrakulikuler di UPT SDN 07 Mudiak lawe antara lain pramuka, senam, jalan santai, tari, sholat dhuha, mubirob, tahfids, drumband dan muhadarah.
Pelatihan Pajak Penghasilan Pasal 21 pada Siswa SMKN 1 Solok Selatan
Riri Purnama Sari;
Vera Septaria;
Nabilla Fitri Diyana
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widyaswara Indonesia Vol. 1 No. 1 (2025): JPMWI-JANUARI
Publisher : LPPM Widyaswara Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.63879/jpmwi.v1i1.2
Pengabdian Masyarakat yang merupakan salah satu dari Tri Darma perguruan tinggi wajib dilakukan oleh semua dosen di setiap semester..Pajak penghasilan Pasal 21(PPh 21) Adalah Penghasilan berupa gaji, upah, honorarium, tunjangan dan pembayaran lain dengan nama dan dalam bentuk apapun sehubungan dengan pekerjaan atau jabatan, jasa dan kegiatan yang dilakukan oleh pribadi.Pajak Penghasilan Pasal 21 (PPh Pasal 21) merupakan pajak yang dipungut oleh pemberi kerja sehubungan dengan pekerjaan, jasa, dan kegiatan yang dilakukan. Pemotongan dan pelaporan Pajak Penghasilan Pasal 21 (PPh 21) atas pegawai tetap merupakan sarana untuk pemenuhan kewajiban perpajakan yang harus dilakukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.Tata cara penghitungan Pajak Penghasilan Pasal 21( PPh 21) atas gaji pegawai dilakukan dengan cara menghitung total penghasilan bruto selama satu bulan termasuk gaji pokok dan tunjangan, kemudian dikurangi dengan pemotongan yang ada, kemudian dihitung penghasilan bersih selama setahun. Target dari pelatihan ini agar siswa sekolah terkhusus siswa SMK N 1 Solok Selatan perangkat sekolah terkait lebih memahami tentang Pajak Penghasilan Pasal 21 (PPh 21) dan bisa mempraktekan di dunia kerja nantinya.
Pembuatan Kisi-kisi dan Soal HOTS Sumatif Akhir Semester Ganjil Fase C Sekolah Dasar se-Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan
Ade Marlia
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widyaswara Indonesia Vol. 1 No. 1 (2025): JPMWI-JANUARI
Publisher : LPPM Widyaswara Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.63879/jpmwi.v1i1.4
Berdasarkan akan dilaksanakannya ujian akhir sumatif semester di sekolah maka beberapa guru berkumpul pada kegiatan KKG untuk membuat soal di SD 26 Durian Taro. Tujuan dari pembuatan soal HOTS sumatif akhir semester ganjil fase C Sekolah Dasar ini se-kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan adalah untuk memberikan pedoman kepada guru dan memandu guru dalam membuat kisi-kisi dan soal di SDN 26 Durian Taro kabupaten solok selatan. 1) untuk meningkatkan kemampuan guru sekolah dasar dalam memahami pembuatan kisi-kis dan soal. 2) untuk meningkatkan kualitas pembuatan soal yang bersifat HOTS kepada guru-guru SD fase C se-Kecamatan Sangir. 3) untuk menyediakan akses yang mudah bagi guru untuk saling berbagi dalam pembuatan soal dan kisi-kisi. Selanjutnya metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah mengikuti paparan penjelasan mengenai cara pembuatan soal HOTS sumatif. Pembuatan soal HOTS akhir semester ini yang diikuti oleh guru sekolah dasar dapat mempermudah peserta didik dalam memahami soal yang dibuatkan oleh guru tersebut sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Dari penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa pembuatan soal HOTS sumatif akhir semester ganjil pada fase C sekolah dasar dapat meningkatkan pemahaman dan kualitas guru sekolah dasar se-kecamatan Sangir Solok Selatan.
Implementasi Standar Operasional Pelayanan Non Perizinan di Kantor Camat Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan Tahun 2024
Lisa Novianti;
Mandra Adrika Putra
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widyaswara Indonesia Vol. 1 No. 1 (2025): JPMWI-JANUARI
Publisher : LPPM Widyaswara Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.63879/jpmwi.v1i1.5
Tujuan dari pelaksanaan KLM ini untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi STIE Widyaswara Indonesia (Pendidikan dan Pengabdian Kepada Masyarakat), dengan menerapkan ilmu manajemen yang di pelajari dan di dapat dalam proses perkuliahan dengan duni kerja dalam hal ini pada Kantor Camat Sungai Pagu Solok Selatan dengan memberikan kontribusi pada bagian-bagian penempatan kerja dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat. Adapun tiga metode yang digunakan dalam KLM ini yaitu dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan terakhir tahap penulisan laporan KLM. Dengan berkontribusinya penulis dalam melakukan pekerjaan dapat memantu memberikan pelayanan kepada masyarakat seperti membuat Surat Keterangan Pindah, Surat Rekomendasi Nikah, Surat Keterang Tidak Mampu dan Surat Meninggal/Surat Ahli Waris. Maka dari itu tujuan penulis dari pelaksanaan KLM ini sudah tercapai.
Administrasi Keuangan di Kantor Camat Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan
Keisya Meisia Decrisent;
Mandra Adrika Putra
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widyaswara Indonesia Vol. 1 No. 1 (2025): JPMWI-JANUARI
Publisher : LPPM Widyaswara Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.63879/jpmwi.v1i1.6
Tujuan penulisan laporan Kuliah Lapangan Manajemen (KLM) ini adalah sebagai salah satu bentuk pengabdian masyarakat yang menjadi unsur dari tridharma perguruan tinggi dimana mahasiswa adalah salah satu elemen dari civitas akademika. Program KLM ini dilaksanakan selama 3 bulan dari Oktober 2024 – Januari 2025. Metode yang digunakan adalah observasi partisipasi dengan terlibat langsung dalam kegiatan administrasi keuangan seperti penyusunan laporan keuangan, pengelolaan TPP, GU, TU, Gaji, dan penglolaan pajak. Kesimpulannya adalah diharapkan dapat meningkatkan kemandirian mahasiswa, mendorong mereka berkontribusi aktif dalam Masyarakat serta memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan teori yang telah dipelajari secara langsung. Semua kegiatan tersebut terlaksana dengan baik, sehingga kegiatan KLM yang penulis lakukan bisa dikatakan berhasil, karena terlaksana sesuai yang direncanakan
Pelatihan Aplikasi Accurate Guna Meningkatkan Keterampilan Siswa SMK N 1 Solok Selatan
Fatma Yeni;
Sastria Nofrita;
Nabilah Fitri Diyana
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widyaswara Indonesia Vol. 1 No. 1 (2025): JPMWI-JANUARI
Publisher : LPPM Widyaswara Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.63879/jpmwi.v1i1.7
Kegiatan pengabdian ini dilakukan untuk memberikan keterampilan komputerisasi akuntansi yang dapat meningkatkan kompetensi siswa SMK akuntansi terutama di SMK N 1 Solok Selatan. Tahapan dari pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat (PKM) ini: a) Merumuskan tema dan kemudian menentukan ketua serta anggota dari tim PKM. b) Observasi awal. c) Memilih atau menentukan mitra kegiatan PKM. d) Penyusunan dan pengusulan proposal untuk kegiatan PKM. e) Pelaksanaan kegiatan PKM. f) Penyusunan laporan akhir kegiatan. Kegiatan pengabdian masyarakat bertema Peningkatan Kompetensi Siswa Dalam Mengoperasikan Aplikasi Komputer Akuntansi Accurate Online pada SMK N 1 Solok Selatan ini telah dilaksanakan dengan baik dan lancar. Dari kegiatan pengabdian masyarakat yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengabdian ini mampu meningkatkan kompetensi siswa SMK N 1 Solok Selatan dalam mengoperasikan aplikasi komputer akuntansi Accurate Online, hal ini terlihat dari pengamatan tim PKM pada saat praktek pelatihan. Diharapkan kegiatan pengabdian PKM ini dapat dilaksanakan berkesinambungan, sehingga kompetensi yang didapatkan siswa dapat benar-benar dipraktekkan.
Implementasi Pelayanan Publik di Kantor Camat Pauh Duo Kabupaten Solok Selatan
Yulia Ernawati;
Mandra Adrika Putra
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widyaswara Indonesia Vol. 1 No. 2 (2025): JPMWI-APRIL
Publisher : LPPM Widyaswara Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.63879/jpmwi.v1i2.9
Tujuan penulisan laporan kuliah Lapangan Manajemen (KLM) ini adalah untuk membantu bagian pelayanan di tingkat kecamatan. Program KLM ini dilaksanakan selama 3 bulan dari 07 Oktober 2024 – 07 Januari 2025. Metode pelaksanaan dimulai dari Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan, Tahap Evaluasi, Tahap Pelaporan. Kegiatan yang dilakukan seperti melayani masyarakat di pelayanan, membuat surat dispensasi nikah, membuat surat keterangan pindah, dan membuat surat keterangan tidak mampu. diharpkan dapat meningkatkan kemandirian mahasiswa, mendorong mereka berkontribusi aktif dalam masyarakat, serta memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan teori yang telah dipelajari secara langsung. Semua kegiatan terlaksana dengan baik, sehingga KLM yang penulis lakukan bisa dikatakan berhasil, karena terlaksana sesuai yang direncanakan.
Implementasi Pelayanan Umum dan Kepegawaian di Kantor Camat Pauh Duo Kabupaten Solok Selatan
Rahmi Nanda Sari;
Mandra Adrika Putra
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widyaswara Indonesia Vol. 1 No. 2 (2025): JPMWI-APRIL
Publisher : LPPM Widyaswara Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.63879/jpmwi.v1i2.10
Tujuan penulisan laporan Kuliah Lapangan Manajemen (KLM) ini adalah Sebagai salah satu bentuk pengabdian masyarakat yang menjadi unsur dari tridharma perguruan tinggi dimana mahasiswa adalah salah satu elemen dari civitas akademika didalam untuk membantu bagian pelayanan umum dan kepegawaian di tingkat kecamatan, serta mengidentifikasi tantangan dan peluang dalam implementasinya. Program KLM ini dilaksanakan selama 3 bulan dari 07 Oktober 2024 – 07 Januari 2025. Metode yang digunakan adalah observasi pertisipasi dengan terlibat langsung dalam kegiatannya seperti mengarsipkan surat masuk dan keluar, mengagendakan surat, membuat surat keluar, membantu bagian kepegawaian. Kesimpulannya adalah diharpkan dapat meningkatkan kemandirian mahasiswa, mendorong mereka berkontribusi aktif dalam masyarakat, serta memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan teori yang telah dipelajari secara langsung. Semua kegiatan terlaksana dengan baik, sehingga KLM yang penulis lakukan bias dikatakan berhasil, karena terlaksana sesuai yang direncanakan.
Implementasi Pelayanan Umum Tabungan dan Kredit Nasabah Pada Bank BPR Sarantau Sasurambi Muara Labuh
Azizah Ashari;
Mandra Adrika Putra
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widyaswara Indonesia Vol. 1 No. 2 (2025): JPMWI-APRIL
Publisher : LPPM Widyaswara Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.63879/jpmwi.v1i2.11
Kontribusi pada PT. BPR Sarantau Sasurambi Muara Labuh dengan Kegiatan KLM ini bertujuan untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi STIE Widyaswara Indonesia (Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat) dengan mengimplementasikan ilmu manajemen di PT. BPR Sarantau Sasurambi Muara Labuh, dan memberikan ikut berpartisipasi pada bagian-bagian penempatan kerja dalam memberikan pelayanan terhadap umum/masyarakat. Metode yang digunakan dalam penyusunan laporan ini adalah diawali dengan tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap penulisan laporan. Dengan berkontribusinya penulis dalam melakukan pekerjaan dengan membantu memberikan pelayanan maka tujuan dari pelaksanaan KLM telah tercapai.
Implementasi Pelayanan Umum di Bank BPR Pakan Rabaa Kabupaten Solok Selatan
Putra Ilyas;
Mandra Adrika Putra
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widyaswara Indonesia Vol. 1 No. 2 (2025): JPMWI-APRIL
Publisher : LPPM Widyaswara Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.63879/jpmwi.v1i2.12
Adapun tujuan dari pelaksaan Kuliah Lapangan Manajemen (KLM) ini yaitu melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi STIE (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi) Widyaswara Indonesia (Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat) dengan, 1. Mengamati dan menganalisis implementasi pelayanan umum yang diterapkan di BPR Pakan Rabaa. 2. Mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi BPR dalam melayani masyarakat, terutama di bidang teknologi dan akses layanan. 3. Menyusun rekomendasi yang dapat membantu BPR Pakan Rabaa dalam meningkatkan kualitas pelayanan umum, baik melalui inovasi maupun peningkatan sumber daya manusia. Metodenya diawali dengan tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap penulisan laporan sehingga pelaksanaan KLM (Kuliah Lapangan Manajemen tercapai. Kesimpulan dari kegiatan KLM ini yaitu pelayanan umum di bank ini sudah berjalan cukup baik, terutama dalam memberikan layanan kredit mikro kepada pelaku UMKM di Solok Selatan. Namun, ada beberapa area yang perlu ditingkatkan, terutama dalam hal adopsi teknologi digital dan peningkatan literasi keuangan di kalangan nasabah.