Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi perspektif Islam dalam membangun kesadaran lingkungan di kalangan peserta didik guna mengurangi dampak perubahan iklim. Metode yang digunakan adalah naratif literatur review, yang mencakup analisis berbagai literatur yang relevan, baik dari sumber-sumber ilmiah maupun agama Islam. Kesadaran lingkungan menjadi semakin krusial dalam menghadapi tantangan global perubahan iklim, yang berdampak signifikan terhadap kehidupan manusia dan alam. Islam sebagai agama yang holistik memiliki prinsip-prinsip dan ajaran yang mendorong pemeliharaan lingkungan dan tanggung jawab manusia sebagai khalifah di bumi. Hasil dari literatur review ini menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai Islam dalam pendidikan lingkungan dapat memperkuat pemahaman peserta didik tentang pentingnya menjaga keseimbangan alam. Selain itu, pendekatan ini juga mendorong tindakan nyata dalam upaya pelestarian lingkungan berdasarkan ajaran Al-Quran dan Hadist. Dengan demikian, penelitian ini menyarankan implementasi kurikulum pendidikan lingkungan yang berbasis nilai-nilai Islam untuk membangun kesadaran lingkungan yang lebih mendalam dan berkelanjutan di kalangan peserta didik.
Copyrights © 2024