JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Pengaruh Model Pembelajaran Modified Free Inquiry terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Sistem Imun di SMA Negeri 1 Ulu Barumun

Nasution, Depi Yanti (Unknown)
Rohani, Rohani (Unknown)
Suryani, Ira (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Modified Free Inquiry terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi Sistem Imun di SMA Negeri 1 Ulu Barumun. Penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian adalah kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes essay sebanyak 15 soal. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata keterampilan berpikir kreatif pada kelas eksperimen sebesar 16%, sedangkan kelas kontrol hanya 9%. Uji t menunjukkan thitung 6,576 > ttabel 1,701 dengan Sig. 0,000 < 0,05. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Modified Free Inquiry terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi sistem imun di SMA Negeri 1 Ulu Barumun.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...