GEMBIRA (Pengabdian Kepada Masyarakat)
Vol 3 No 05 (2025): OKTOBER 2025

PENGABDIAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM STRATEGI PEMASARAN DIGITAL DAN FISIK TERHADAP UMKM DESA GATAK, KECAMATAN DELANGGU

Uli, Jessica Ria (Unknown)
Mustafa, Putri Salsabila (Unknown)
Bintang P.P, Hega (Unknown)
Dewi, Swastika (Unknown)
Pradana, Azaria Eda (Unknown)
Mulyani, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2025

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi pemasaran digital dan fisik yang diterapkan oleh pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Gatak, Kecamatan Delanggu, dalam meningkatkan daya saing dan perluasan pasar. Pendekatan pengabdian menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui observasi lapangan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial seperti Instagram, TikTok, dan WhatsApp Business, Google My Business, Blog Informasi, Foto Produk, Google maps, Pencatatan keuangan dengan digital menjadi sarana efektif untuk promosi digital, sedangkan pemasaran fisik dilakukan melalui penjualan lompya duleg langsung di pasar lokal dan pameran produk. Sinergi antara pemasaran digital dan fisik terbukti mampu memperkuat brand awareness, meningkatkan penjualan, serta memperluas jangkauan konsumen. Temuan ini memberikan rekomendasi strategi terpadu bagi UMKM desa untuk memaksimalkan potensi lokal melalui kombinasi teknologi dan interaksi tatap muka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Religion Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Gembira: Jurnal Ilmiah Pengabdian pada Masyarakat, so called as Jurnal Gembira, is a peer-reviewed journal to publish/disseminate scientific works and innovations in the form of scientific articles. This journal concerned with the practice and processes of community engagement. This journal accepts ...