Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa
Vol. 3 No. 8 (2025): Oktober

Pendampingan Kegiatan Muhadhoroh Dalam Meningkatkan Self Managament Siswa di MA Muslimat NU Palangka Raya

Norhidayani, Norhidayani (Unknown)
Abdullah, Abdullah (Unknown)
Mayasari, Lian (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2025

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan self management siswa melalui pendampingan kegiatan muhadhoroh di MA Muslimat NU Palangka Raya serta membantu meningkatkan potensi siswa yang harus terus dikembangkan. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah Asset Based Community Development (ABCD) yang meliputi lima tahapan, yaitu Discovery, Dream, Design, Define, dan Destiny. Subjek kegiatan adalah siswa kelas XA yang terlibat dalam persiapan dan pelaksanaan muhadhoroh dengan bimbingan mahasiswa MBKM, dosen, serta wali kelas. Hasil pendampingan menunjukkan adanya peningkatan dalam kemampuan siswa mengelola waktu, mengendalikan emosi, menumbuhkan rasa tanggung jawab, serta meningkatkan kepercayaan diri dan kedisiplinan. Kegiatan muhadhoroh terbukti tidak hanya berfungsi sebagai wadah pengembangan kemampuan berbicara di depan umum, tetapi juga sebagai sarana pembentukan karakter dan penguatan self management siswa di lingkungan madrasah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpmba

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Energy Health Professions Industrial & Manufacturing Engineering Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Medicine & Pharmacology Nursing Physics Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa published every month (12 times a year), contains disseminates every thought and idea on the results of research and the use of technology to be implemented to the public, including field of science; Mathematics and Natural Sciences, Applied, Social, Law, Culture, ...