Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)
Vol 4, No 1 (2024)

PENGARUH MODEL PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDN 1 TAMBAHREJO

Triadmaja, Desta Kirana (Unknown)
Setianingsih, Eka Sari (Unknown)
Mushafanah, Qoriati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model problem solving terhadap hasil belajar matematika kelas V di SDN 1 Tambahrejo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan model penelitian One Group Pretest Posttest Design. Dalam penerapan model pembelajaran problem solving siswa mampu memahami materi lebih mudah, berani unjuk diri untuk menyelesaikan soal di papan tulis, lebih aktif dalam pembelajaran, dan sangat antusias saat melakukan diskusi kelompok. Hasil belajar siswa dalam penelitian ini diukur dengan berpedoman nilai pretest dan posttest sebanyak 21 siswa. Rata-rata pada nilai pretest 44,8 terdapat 2 peserta didik yang tuntas dan 19 peserta didik tidak tuntas. Sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 76,2 dimana 17 peserta didik tuntas dan 4 peseta didik tidak tuntas. Berdasarkan data penelitian diatas menunjukan bahwa adanya peningkatan sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model problem solving berpengaruh pada peningkatan hasil belajar siswa pada aspek kognitif Kata Kunci: model pembelajaran, problem solving, hasil belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpd

Publisher

Subject

Education Other

Description

Literasi ( Jurnal Pendidikan Dasar) is managed by the Primary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, PGRI University Semarang. The focus and scope of the journal are the results of research on education and learning at all levels, such as 1. Early Childhood Education 2. Basic ...