Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)
Vol 5, No 2 (2025)

IMPLEMENTASI MODEL PJBL UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIFITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA KELAS IV DI SDN 1 MOJOAGUNG

Nuraini, Rizka Umi Firanti (Unknown)
Purnamasari, Veryliana (Unknown)
Saputra, Henry Januar (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2025

Abstract

Latar belakang diadakannya penelitian ini adalah kebutuhan untuk meningkatkan kreatifitas belajar peserta didik dan membentuk karakter profil pelajar Pancasila di tingkat sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana penerapam model Project Based Learning (PjBL) dapat mengembangkan kreatifitas belajar peserta didik serta mendukung pencapaian nilai-nilai profil pelajar Pancasila. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data yang dikumpulkan melalui observasi ,wawancara ,dan dokumentasi, yang dilakukan terhadap peserta didik kelas IV di SDN 1 Mojoagung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model PjBL berhasil meningkatkan kreatifitas siswa terutama dalam berfikir kritis ,kolaborasi,dan pemecahan masalah.peserta didik lebih termotivasi dalam mengikuti pembelajaran,serta mampu menyelesaikan proyek yang diberikan dengan kreatif dan inovatif. 

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpd

Publisher

Subject

Education Other

Description

Literasi ( Jurnal Pendidikan Dasar) is managed by the Primary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, PGRI University Semarang. The focus and scope of the journal are the results of research on education and learning at all levels, such as 1. Early Childhood Education 2. Basic ...