Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025 Published

STRATEGI PERUBAHAN INOVATIF DALAM KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA SEKOLAH

Amanda, Semi Syaina (Unknown)
Fitria Aristasari (Unknown)
Hendri Marhadi (Unknown)
Mahmud Alpusari (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2025

Abstract

Kepemimpinan memiliki posisi yang sangat strategis dalam suatu organisasi bahkan dapat mempengaruhi kinerja suatu organisasi. Secara positif maupun negatif, peran kepemimpinan yang diemban oleh seorang kepala sekolah mempunyai pengaruh tertentu terhadap suatu sekolah. Kepala sekolah yang berpengaruh positif dan mampu memberikan perubahan terhadap suatu sekolah, khususnya pada tingkat pendidikan dasar, sangat diharapkan. Kepala sekolah sebagai pemimpin, dapat mengubah suatu sekolah dan memiliki inovasi dalam merumuskan visi, misi, tujuan dan strateginya, sangat diharapkan. Berdasarkan pengertian di atas, kepala sekolah yang mempunyai kompetensi yang memadai, dapat dikategorikan sebagai kepala sekolah yang memiliki visi.Penelitian ini memilih SD Negeri 109 Pekanbaru, sebagai tempat untuk melakukan studi penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Studi kasus dipilih karena SD Negeri 109 Pekanbaru telah mengalami perubahan signifikan selama beberapa tahun terakhir dan menjadi sekolah rujukan dan bisa dikatakan sekolah favorit. Proyek ini bertujuan untuk: (1) Menganalisa dan menjelaskan peran kepemimpinan visioner kepala sekolah, (2) strategi kepala sekolah dalam melakukan perubahan sekolah yang berdampak positif, (3) inovasi yang dilakukan dalam perubahan sekolah yang efektif dan efisien, (4) proses perubahan yang dilakukan sekolah, (5) pendukung kepala sekolah dan (6) penghambat kepala sekolah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...