Mudabbir: Journal Research and Education Studies
Vol. 5 No. 1 (2025): Vol. 5 No. 1 Januari - Juni 2025

Analisis Yuridis Putusan Hakim Mahkamah Konstitusi Nomor 114/PUU-XX/2022 tentang Sistem Pemilihan Umum dalam Perspektif Siyasah Qadaiyyah

Ibrahim, Muhammad Syahrial Razali (Unknown)
Muhammad, Rasyidin (Unknown)
Maharani, Sulfia (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2025

Abstract

Keputusan Mahkamah Konstitusi Nomor 114/PUU-XX/2022 tentang sistem pemilihan umum menolak seluruh permohonan para pemohon. Permasalahan utama dalam putusan ini berkaitan dengan perdebatan efektivitas dan keadilan antara sistem proporsional terbuka dan tertutup, serta penilaian apakah sistem yang berlaku telah memenuhi prinsip keadilan dan hak konstitusional warga negara. Penelitian ini menggunakan metode hukum normatif dengan dua rumusan masalah, yaitu alasan hakim menolak permohonan dan tinjauan Siy?sah Qa??’iyyah terhadap putusan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua alasan hakim menolak permohonan, yaitu alasan yuridis dan konstitusional. Secara yuridis, hakim menilai setiap sistem pemilu memiliki kelebihan dan kekurangan, namun sistem proporsional terbuka lebih banyak memberikan manfaat bagi masyarakat. Secara konstitusional, hakim Mahkamah Konstitusi Saldi Isra menjelaskan bahwa sistem proporsional terbuka lebih sesuai dengan semangat UUD 1945. Ditinjau dari Siy?sah Qa??’iyyah, keputusan ini sejalan dengan prinsip Maslahah Mursalah (kepentingan umum) yang menekankan pentingnya keputusan yang membawa kemaslahatan. Dengan ditolaknya permohonan ini, masyarakat, termasuk para pemohon, tetap memperoleh keadilan dan manfaat yang lebih luas dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mudabbir

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Mudabbir (Journal Research and Education Studies) is Published by the Association of Indonesian Islamic Education Managers (PERMAPENDIS) North Sumatra. This journal aims to publish and disseminate the results of research and studies on education. Articles published in journals are the results of ...