Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika
Vol. 4 No. 4 (2024): October - December 2024

Peningkatan Hasil Belajar pada Materi Operasi Hitung Campuran dan Penaksiran dengan Menggunakan Media Wordwall

Sinaga, Pirmauli (Unknown)
Syamsuyurnita, Syamsuyurnita (Unknown)
Siregar, Silsia Risqha Revolina (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar operasi hitung campuran dan penaksiran dengan penggunaan web wordwall. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas (action research) dengan melibatkan siswa kelas IV SD Negeri 066054 Medan Denai sebanyak 22 orang. Data dikumpulkan melalui instrument tes berbentuk pilihan ganda sebanyak 15 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan web wordwall pada pembelajaran matematika di kelas IV telah efektif dan ketuntas secara klasikal telah tuntas sebesar 100%. Kefektifan tersebut terlihat dari ketuntasan klasikal dan daya serap klasikal berturut-turut pada siklus I sebesar 54% dan 66%. Pada siklus II menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal dan daya serap klasikal berturut-turut pada siklus II sebesar 100% dan 78%. Peningkatan hasil belajar darisiklus I dan siklus II telah memberikan suatu Gambaran bagaiamana perubahan dari pemahaman siswa pada operasi hitung campuran dan penaksiran. Persentasi peningkatan hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 36%. Hasil belajar pada materi operasi hitung campuran dan penaksiran meningkat dengan menggunakan media wordwall pada siswa SD.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kognitif

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Library & Information Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Tujuan dari jurnal ini adalah untuk mempublikasikan penelitian berkualitas tinggi di bidang pendidikan matematika yang berkaitan dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS) termasuk berpikir kritis, berpikir kreatif, penalaran matematis, pemahaman matematis, dll. Kami juga meneima riset tentang ...