Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 3 (2025)

Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Menghadapi Transformasi Digital di Era Merdeka Belajar

Anggraini, Olivia (Unknown)
Wirnita, Wirnita (Unknown)
Erwinsyah, Erwinsyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2025

Abstract

Transformasi digital dalam dunia pendidikan menuntut kesiapan guru sekolah dasar untuk mengintegrasikan teknologi secara efektif dalam proses pembelajaran. Namun, masih terdapat kesenjangan kompetensi dan akses teknologi yang menyebabkan implementasi Kurikulum Merdeka belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesiapan guru sekolah dasar dalam menghadapi transformasi digital pada era Merdeka Belajar. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan pendekatan analisis tematik terhadap jurnal ilmiah, laporan pengabdian, dan kebijakan pendidikan yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan guru masih bervariasi, terutama terkait literasi digital dan pemahaman terhadap filosofi Kurikulum Merdeka. Pelatihan yang berkelanjutan, berbasis praktik, serta dukungan komunitas belajar menjadi strategi utama untuk meningkatkan kesiapan tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa kesiapan guru tidak hanya ditentukan oleh keterampilan teknis, tetapi juga oleh kemampuan pedagogis dan adaptasi terhadap kebutuhan peserta didik masa kini. Dengan dukungan institusi pendidikan dan kebijakan yang progresif, transformasi digital dapat berjalan lebih efektif dan merata di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...