INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, dan Kebudayaan
Vol. 11 No. 2 (2025): Inovatif September 2025

Dimensi Multikulturalisme Dalam Lingkaran Kecerdasan Qur’ani Di pondok Pesantren Tahfidhil Qur’an Semanding Pare

Muchasan, Ali (Unknown)
Rohmawan, Dhuhaa (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2025

Abstract

Pondok Pesantren Sirojul Ulum sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam didirikan untuk menciptakan kedamaian dan memberikan wawasan yang lebih luas tentang cakrawala pemikiran, keilmuan dan pengalaman bagi umat Islam. Lembaga ini merupakan wujud dan implementasi dari cita-cita dan harapan umat Islam Kediri untuk mewujudkan sebuah lembaga pendidikan yang mampu mencetak pemimpin umat, khususnya umat Islam Kediri yang berkualitas yang memiliki kecerdasan qur’ani khususnya dalam dimensi multikulturalisme yang akan dibahas dalam artikel ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Desain penelitian adalah deskriptif kualitatif. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data baik secara induktif, deduktif dan komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Tahfidhil Qur’an Sirojul Ulum Pare telah menanamkan pendidikan multikultural kepada para santrinya. Hal ini tergambar dari nilai-nilai religius yang ditanamkan kepada para santri saat pembelajaran dan menghafal al-qur’an seperti persaudaraan (fraternity), kerjasama, perjuangan yang semuanya diajarkan persamaan hak asasi manusia sebagaimana tuntunan dalam Alquran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

inovatif

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

This journal focuses on the development of education, religion, and cultural research, either locally, nationally, or internationally through the publication of research articles and reports. This journal covers a wide range of disciplines, containing studies of education, religion, and culture ...