Artikel ini mengkaji efektivitas penggunaan media permainan ular tangga dalam konteks pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning/PBL) melalui pendekatan studi literatur. Data dikumpulkan dari 25 jurnal nasional dan internasional yang diperoleh melalui platform akademik seperti Google Scholar dan Open Knowledge Map. Analisis dilakukan secara kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitik. Hasil studi menunjukkan bahwa media ular tangga dalam pembelajaran PBL mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. Beberapa penelitian mengungkapkan validitas tinggi dan respons positif dari siswa terhadap media ini, dengan peningkatan ketercapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) hingga 45%. Selain itu, integrasi media dengan literasi, numerasi, dan nilai-nilai budaya lokal turut memperkuat efektivitasnya. Faktor desain, kemudahan penggunaan, dan daya tarik visual juga menjadi aspek penting yang mendukung keberhasilan media ini. Dengan demikian, media ular tangga terbukti sebagai alat pembelajaran interaktif yang mampu meningkatkan keterlibatan siswa dan mendorong hasil belajar yang optimal dalam setting pendidikan dasar.
Copyrights © 2025