Publikasi Pendidikan
Vol 15, No 3 (2025)

Media Ular Tangga Berbasis PBL pada Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar

Handayani, Sri (Unknown)
Astuti, Tri (Unknown)
Widiarti, Nuni (Unknown)
Yuwono, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2025

Abstract

Artikel ini mengkaji efektivitas penggunaan media permainan ular tangga dalam konteks pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning/PBL) melalui pendekatan studi literatur. Data dikumpulkan dari 25 jurnal nasional dan internasional yang diperoleh melalui platform akademik seperti Google Scholar dan Open Knowledge Map. Analisis dilakukan secara kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitik. Hasil studi menunjukkan bahwa media ular tangga dalam pembelajaran PBL mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. Beberapa penelitian mengungkapkan validitas tinggi dan respons positif dari siswa terhadap media ini, dengan peningkatan ketercapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) hingga 45%. Selain itu, integrasi media dengan literasi, numerasi, dan nilai-nilai budaya lokal turut memperkuat efektivitasnya. Faktor desain, kemudahan penggunaan, dan daya tarik visual juga menjadi aspek penting yang mendukung keberhasilan media ini. Dengan demikian, media ular tangga terbukti sebagai alat pembelajaran interaktif yang mampu meningkatkan keterlibatan siswa dan mendorong hasil belajar yang optimal dalam setting pendidikan dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pubpend

Publisher

Subject

Education

Description

Publikasi Pendidikan (ISSN 2088-2092 Print, ISSN 2548-6721 Online) published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about basic education or elementary school related to the theory and practice of ...