Journal of Education and Science (EDUSAINS)
Vol. 2 No. 2 (2024): Desember 2024

Pengaruh Pendekatan STEAM Terhadap Kemampuan Computational Thinking Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika Kelas VII

Dega Afriani (Unknown)
Kurnia Rahmi Yuberta (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Penelitiani ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan computational Thinking peserta diidk kelas VII di SMPN 3 Pariangan dalam pembelajaran matematika. Hal ini terlihat dari kesulitan peserta didik dalam Menyusun algoritma penyelesaian, menganalisis informasi, serta mengenali pola dalam menyelesaikan soal non rutin. Pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) dianggap sebagai salah satu solusi inovatif untuk meningkatkan keterampilan abad ke-21, khususnya kemampuan computational thinking yang meliputi dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi, dan algoritma Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan computational thinking peserta didik yang menggunakan pendekatan STEAM lebih baik daripada menggunakan pembelajaran konvensional dikelas VII SMPN 3 Pariangan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan rancangan penelitian Randomized Control Grup Only Design. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas VII SMPN 3 Pariangan tahun ajaran 2024/2025. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Data diperoleh dari hasil pemberian soal tes kemampuan computational thinking peserta didik dan dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan computational thinking peserta didik yang menggunakan pendekatan STEAM lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran konvensional hal ini ditandai dengan thitung>ttabel atau 2,45449 > 2,00855 maka H0 ditolak, artinya pada taraf signifikan 5% dapat disimpulkan bahwa kemampuan computational thinking peserta didik dengan menggunakan pendekatan STEAM lebih baik dari pada kemampuan computational thinking pembelajaran konvensional dikelas VII SMPN 3 Pariangan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edusains

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Journal EDUSAINS : Journal of Education and Science publishes high-quality and innovative research on the frontier of all sciences with emphasis on mathematics education, mathematical sciences, nature science and Education; which include the fields of education and science : 1. Mathematics Education ...