Taman Cendekia : Jurnal Pendidikan Ke-SD-an
Vol 8 No 2 (2024): Desember 2024

PELATIHAN PENGEMBANGAN APLIKASI CAP CUT UNTUK PENGUATAN KEBHINEKAAN GLOBAL SEKOLAH DASAR

wardani, helda (Unknown)
Mintohari, Mintohari (Unknown)
Subrata, Heru (Unknown)
Fakhrudin, Ali (Unknown)
Putri, Hanaksa Erviga (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2025

Abstract

Para guru profesional saat ini memanfaatkan aplikasi cap-cut untuk komunikasi massa, belum memanfaatkan untuk pembelajaran inovatif, kreatif, efektif, menyenangkan berbasis TIK atau PIKEM BATIK. Data awal menunjukkan bahwa para guru masih terbatas pengetahuan dan keterampilan menggunakan aplikasi cap cut, dan belum pernah mendapatkan pelatihan pengembangan aplikasi cap cut. Guru mempunyai kebutuhan pengetahuan dan keterampilan aplikasi cap cut untuk pembelajaran. Tujuan pelatihan memberikan pengetahuan dan keterampilan analisis, perancangan, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian penerapan aplikasi cap cut dalam P5 secara berkelanjutan dan akuntabel. Pelaksanaan dengan menerapkan metode workshop, diawali dengan pembekalan teori dan praktik pengembangan dan selanjutnya dituntun melalui kegiatan pendampingan berkelanjutan. Pelatihan pengembangan aplikasi Cap Cut untuk pembelajaran penguatan kebhinekaan global bagi guru-guru SD di wilayah Kabupaten Trenggalek Jawa Timur, memperoleh hasil yang memuaskan dilihat dari 100% peserta pelatihan berhasil membuat animasi CapCut dengan konten Kebhinekaan Global. Presentasi hasil kerja menunjukkan konten tersaji lebih akurat dan menarik secara visual.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

tamancendekia

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Taman Cendekia memfasilitasi dosen, guru dan tenaga pendidik untuk mempublikasikan karya ilmiah baik berupa hasil penelitian maupun kajian pustaka yang berkaitan dengan pendidikan ke-SD-an. Jurnal Taman Cendekia terbit dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember dan diterbitkan oleh ...