Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra
Vol. 11 No. 2 (2025)

Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama melalui Strategi Reviewing Film Berbasis Project Based Learning

Desi Triyani (Unknown)
Sintowati Rini Utami (Unknown)
Saifur Rohman (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan menulis naskah drama siswa kelas XI TKJ SMK Kampung Jawa Jakarta melalui strategi reviewing film berbasis Project Based Learning (PjBL). Selain itu, penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan siswa dalam mengembangkan ide cerita (mengembangkan kreativitas), meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis dialog yang sesuai dengan karakter (mengembangkan inovasi), dan meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun alur cerita yang logis dan menarik. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK dengan model spiral Kemmis dan McTaggart, yang terdiri dari siklus perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil pra siklus menunjukkan permasalahan pada keaktifan siswa (rata-rata 72%), kualitas modul ajar (nilai 67,5 dengan kategori "Cukup"), dan rendahnya keterampilan menulis naskah drama, terutama pada penokohan, latar, dan petunjuk teknis. Hasil penelitian menyatakan Peningkatan keterampilan menulis naskah drama melalui strategi reviewing film berbasis project based learning mengalami keberhasilan penelitian tindakan sesuai dengan karakteristik penelitian tindakan yaitu dengan indikator keberhasilan hasil, keberhasilan proses dan keberhasilan produk. Indikator keberhasilan hasil yakni siswa meningkat nilai hasil belajarnya (artinya nilai siswa sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu 90). Pada tahap prasiklus nilai hasil belajar siswa rata-rata hanya 55,31 (predikat E dengan keterangan Kurang Sekali). Selanjutnya indikator keberhasilan proses juga berhasil yakni dengan melihat hasil observasi pengamatan model pembelajaran project based learning melalui sintaks-sintaksnya. Sedangkan untuk keberhasilan produk dilihat dari terjadinya peningkatan kualitas produk yang awalnya kualitas produk yang rendah kemudian setelah melakukan penelitian tindakan kualitas produk meningkat lebih baik dari sebelumnya sesuai kriteria tertentu.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

onoma

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Onoma adalah jurnal akademik yang diterbitkan pada bulan Mei dan November oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal ini menyajikan artikel-artikel ilmiah tentang pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia. ...