JGK (Jurnal Guru Kita)
Vol. 8 No. 1: Desember 2023

PENGARUH MODUL KOLOID BERBASIS CHEMOENTREPRENEURSHIP (CEP) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA

Sari, Dwy Puspita (Unknown)
Nasution, Hafni Indriati (Unknown)
Nasution, Mutiara Agutina (Unknown)
Arwita, Widya (Unknown)
Naelofaria, Salmah (Unknown)
Sinaga, Lastama (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh modul koloid berorientasi chemoentrepreneurship terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Medan. Jenis penelitian ini menggunakan kelompok kontrol non-ekuivalen dan desain penelitian kuasi eksperimen. Dua kelas XI IPA SMA Negeri 2 Medan dijadikan sebagai subjek penelitian dan sampel diambil secara acak. Uji N-gain dan uji kesamaan dua rata-rata (uji-t) digunakan untuk menganalisis data. Perolehan rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 39,72, sedangkan kelompok kontrol adalah 39,03. Perolehan rata-rata posttest untuk kelas eksperimen adalah 83,19, sedangkan untuk kelas kontrol adalah 77,64. Hasil uji-t diperoleh thitung>ttabel (3,74>2,34), yang menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil uji n-gain untuk kelas eksperimen sebesar 71%, sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 59%. Hal ini menunjukan bahwa modul koloid berbasis chemoentrepreneurship efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman dan ketertarikan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jgkp

Publisher

Subject

Arts Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Guru Kita contains writings from the results of research, education, lerning, science, culture, technology, language, art, social, phenomena, and community ...