Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh modul koloid berorientasi chemoentrepreneurship terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Medan. Jenis penelitian ini menggunakan kelompok kontrol non-ekuivalen dan desain penelitian kuasi eksperimen. Dua kelas XI IPA SMA Negeri 2 Medan dijadikan sebagai subjek penelitian dan sampel diambil secara acak. Uji N-gain dan uji kesamaan dua rata-rata (uji-t) digunakan untuk menganalisis data. Perolehan rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 39,72, sedangkan kelompok kontrol adalah 39,03. Perolehan rata-rata posttest untuk kelas eksperimen adalah 83,19, sedangkan untuk kelas kontrol adalah 77,64. Hasil uji-t diperoleh thitung>ttabel (3,74>2,34), yang menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil uji n-gain untuk kelas eksperimen sebesar 71%, sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 59%. Hal ini menunjukan bahwa modul koloid berbasis chemoentrepreneurship efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman dan ketertarikan dalam proses pembelajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023