Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran menjadi tantangan yang perlu diatasi dengan pendekatan inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media pembelajaran berbasis Quizizz dan faktor-faktor yang memengaruhi keaktifan belajar siswa kelas VI di SDN Sukarame. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Quizizz mampu meningkatkan keaktifan siswa, khususnya dalam menjawab soal, berdiskusi, dan mengevaluasi hasil belajar. Faktor internal seperti motivasi dan rasa percaya diri, serta faktor eksternal seperti keterampilan teknologi dan ketersediaan perangkat, berpengaruh terhadap tingkat keaktifan siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa Quizizz efektif digunakan sebagai media pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan dalam menumbuhkan keaktifan belajar siswa sekolah dasar.
Copyrights © 2025