PESHUM
Vol. 4 No. 6: Oktober 2025

Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Quizizz Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VI

Isnaenika, Zahra Nafisa (Unknown)
Febri Fajar Pratama (Unknown)
Rizki Hadiwijaya Zulkarnaen (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran menjadi tantangan yang perlu diatasi dengan pendekatan inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media pembelajaran berbasis Quizizz dan faktor-faktor yang memengaruhi keaktifan belajar siswa kelas VI di SDN Sukarame. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Quizizz mampu meningkatkan keaktifan siswa, khususnya dalam menjawab soal, berdiskusi, dan mengevaluasi hasil belajar. Faktor internal seperti motivasi dan rasa percaya diri, serta faktor eksternal seperti keterampilan teknologi dan ketersediaan perangkat, berpengaruh terhadap tingkat keaktifan siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa Quizizz efektif digunakan sebagai media pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan dalam menumbuhkan keaktifan belajar siswa sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PESHUM

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora menerbitkan artikel bidang: (1) Pendidikan: Pendidikan dan Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Pendidikan Inklusi, Kurikulum Pendidikan. (2) Sosial: Ekonomi, ...