PESHUM
Vol. 4 No. 6: Oktober 2025

Strategi Komunikasi Pemasaran Wisata Solok Radjo Melalui Instagram @Solokradjo Dalam Meningkatkan Kunjungan

Maulida Wanda, Dilla (Unknown)
Husniati, Ade Muana (Unknown)
Ali, Muhammad (Unknown)
Harinawati (Unknown)
Zahari (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh pengelola wisata Solok Radjo melalui akun Instagram @solokradjo dalam meningkatkan kunjungan wisatawan, dengan menggunakan model AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) sebagai kerangka analisis. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dengan pengurus wisata Solok Radjo, admin akun Instagram @solokradjo, dan beberapa pengunjung, kemudian observasi pada akun Instagram @solokradjo, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pada tahap Attention dilakukan melalui penyajian konten visual yang menarik; Interest dibangun dengan konten edukatif dan storytelling, narasi informatif dan interaksi aktif dengan pengikut; Desire ditumbuhkan melalui testimonial dan review positif pengunjung; dan Action diwujudkan dengan menyediakan informasi praktis dan call-to-action yang jelas. Strategi ini terbukti efektif dalam menarik perhatian dan mendorong minat kunjungan, khususnya dari kalangan pengguna media sosial.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PESHUM

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora menerbitkan artikel bidang: (1) Pendidikan: Pendidikan dan Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Pendidikan Inklusi, Kurikulum Pendidikan. (2) Sosial: Ekonomi, ...