PESHUM
Vol. 4 No. 6: Oktober 2025

Persepsi Siswa Sekolah Dasar terhadap Nilai Kebhinekaan dalam Pembelajaran PKn

Hati, Deviana Intan Gadys Permata (Unknown)
Ifada, Erika Nurul (Unknown)
Istiqomah (Unknown)
Santoso (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa Sekolah Dasar (SD) terhadap nilai kebhinekaan dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan mengambil lokasi di SD 3 Gulang Kudus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dan observasi partisipatif yang kemudian dianalisis secara tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki pemahaman positif mengenai nilai kebhinekaan, meskipun terdapat beberapa hambatan dalam penerimaan nilai tersebut. Temuan ini memberikan gambaran penting mengenai bagaimana nilai kebhinekaan dapat diinternalisasi melalui pembelajaran PKn pada jenjang SD, sehingga dapat menjadi acuan bagi guru dan pengembang kurikulum untuk meningkatkan efektivitas pendidikan karakter di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PESHUM

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora menerbitkan artikel bidang: (1) Pendidikan: Pendidikan dan Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Pendidikan Inklusi, Kurikulum Pendidikan. (2) Sosial: Ekonomi, ...