PESHUM
Vol. 4 No. 6: Oktober 2025

Pengaruh Self-Concept Terhadap Fear of Missing Out (FoMO) Pada Individu Emerging Adulthood Pengguna Media Sosial di Kota Makassar

Ramadhani, Amalia (Unknown)
Rohmah Rifani (Unknown)
Eka Sufartianinsih Jafar (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2025

Abstract

Abstrak: Individu dalam fase emerging adulthood masih membentuk identitas dan konsep diri. Kebiasaan menggunakan media sosial membuat individu mudah mencari validasi dan perbandingan sosial yang dapat memperburuk konsep diri negatif dan memicu FoMO. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-concept terhadap fear of missing out (FoMO) pada individu emerging adulthood pengguna media sosial di kota Makassar. Responden dalam penelitian ini sebanyak 130 individu pengguna media sosial fase emerging adulthood berusia 18-25 tahun. Analisis penelitian menggunakan analisis regresi linear sederhana yang memperoleh nilai R sebesar 0,481 yang menunjukkan adanya korelasi dan nilai R square sebesar 0,232 dengan signifikansi 0,000 (p < 0,05). Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh self-concept terhadap FoMO pada pengguna media sosial sebesar 23,2%. Dari hasil analisis diperoleh FoMO dan self-concept berada di tingkat sedang. FoMO tidak selalu bersifat negatif. Sebagian besar responden memiliki self-concept yang stabil dapat merespon FoMO secara positif dan menjadikan sebagai dorongan untuk bertumbuh secara personal. Implikasi dari penelitian ini dapat berkontribusi sebagai dasar bagi perancangan program edukatif dan promotif yang bertujuan untuk meningkatkan self-concept individu dan mengelola FoMO secara positif sebagai bagian dari personal growth.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PESHUM

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora menerbitkan artikel bidang: (1) Pendidikan: Pendidikan dan Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Pendidikan Inklusi, Kurikulum Pendidikan. (2) Sosial: Ekonomi, ...