Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi manajemen pendidikan berkelanjutan berbasis inovasi dan kolaborasi pengabdian masyarakat dalam meningkatkan literasi ekonomi keluarga menuju kemandirian dan kesejahteraan sosial. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan pustaka dengan pendekatan kualitatif deskriptif, yang difokuskan untuk menambah referensi terkait pengabdian masyarakat dalam konteks pendidikan berkelanjutan. Data penelitian diperoleh dari Google Scholar dan website kredibel pada periode 1964–2025, dengan total 40 artikel awal yang setelah proses seleksi ketat disaring menjadi 32 artikel relevan. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan teori Sustainable Development, Innovation Diffusion, dan Collaborative Governance menjadi dasar konseptual dalam mengembangkan manajemen pendidikan yang mampu mendorong partisipasi masyarakat, inovasi sosial, dan pemberdayaan ekonomi keluarga. Studi kasus di Indonesia, seperti program “Sekolah Omah Wadon” di Malang, menunjukkan bahwa kolaborasi dan inovasi dalam pengabdian masyarakat berkontribusi nyata terhadap peningkatan literasi ekonomi keluarga dan kesejahteraan sosial.
Copyrights © 2025