JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Pengaruh Pendidikan Multikultural terhadap Kesadaran Sosial Mahasiswa PPKn (Studi Pada Kelas A Stambuk 2023)

Harahap, Putri Permata Assiddiq (Unknown)
Siagian, Siti Zahra (Unknown)
Daely, Victoria Grace (Unknown)
Simbolon, Yeni Yolanda (Unknown)
Lubis, Yuli Indriani (Unknown)
Yunita, Sri (Unknown)
Neva, Chandra Fhutu (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pendidikan multikultural terhadap kesadaran sosial mahasiswa Program Studi PPKn UNIMED, khususnya pada Kelas A Stambuk 2023. Latar belakang penelitian didasari oleh pentingnya penanaman nilai-nilai toleransi, inklusivitas, dan penghargaan terhadap keberagaman dalam lingkungan pendidikan tinggi sebagai bekal mahasiswa untuk hidup di masyarakat yang pluralistik. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur dan wawancara mendalam kepada mahasiswa dengan latar belakang yang beragam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa tidak hanya memahami pendidikan multikultural secara teoritis melalui mata kuliah, tetapi juga menerapkannya dalam interaksi sosial sehari-hari, organisasi, dan kegiatan kampus. Pendidikan multikultural terbukti meningkatkan empati, toleransi, dan kesadaran terhadap isu sosial, serta memperkuat karakter inklusif mahasiswa. Temuan ini mempertegas pentingnya pendidikan multikultural dalam membentuk generasi yang mampu hidup harmonis dalam keberagaman dan aktif berkontribusi terhadap pembangunan masyarakat yang adil dan damai.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...