JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membentuk Karakter Siswa di Era Revolusi Industri 4.0

Sitanggang, Adelina (Unknown)
Cahya, Mira (Unknown)
Fauzi , M. Iraqi (Unknown)
Hidayah, Nur (Unknown)
Armanda, Tri Bayu (Unknown)
Yunita, Sri (Unknown)
Neva, Chandra Fhutu (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2025

Abstract

Peran pendidikan kewarganegaraan sangat penting dalam membentuk karakter siswa di era revolusi industri 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membentuk Karakter Siswa yang berintegritas, bermoral dan memiliki kecakapan digital yang memadai. Metode penelitian yang digunakan dalam kajian ini adalah studi pustaka (library research). Studi pustaka dilakukan dengan cara menelaah dan menganalisis berbagai sumber literatur yang relevan, seperti buku, jurnal ilmiah, artikel, dan hasil penelitian sebelumnya yang berhubungan dengan peran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dalam membentuk karakter siswa di era Revolusi Industri 4.0. Era Industri 4.0 telah merevolusi dunia pendidikan dengan kemajuan teknologi seperti kecerdasan buatan (AI), Internet of Things (IoT), dan big data, yang menuntut adaptasi strategi pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) agar tetap relevan dan efektif. PKn, sebagai disiplin yang bertujuan membentuk warga negara yang bertanggung jawab, kritis, dan beretika, tidak lagi cukup dengan pendekatan konvensional seperti ceramah atau hafalan konstitusi. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter siswa di era Revolusi Industri 4.0. PKn tidak hanya berfungsi sebagai media penyampaian pengetahuan kewarganegaraan, tetapi juga sebagai sarana penguatan moral.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...