JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Pengaruh Model Pembelajaran Probing Promting terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Siabu Kab. Mandailing Natal

Nst, Aflah Mufidah Yazid (Unknown)
Sesmiarni, Zulfani (Unknown)
Mustafa, Mustafa (Unknown)
Wati, Salmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 2 Siabu. Hal ini di akibatkan karena model pembelajaran yang di pakai guru PAI masih berpusat kepada guru dengan menggunakan model Konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran probing promting terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design dengan tipe Post-test Only Nonequivalent Control Group. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Siabu Kab. Mandailing Natal pada kelas VIII dengan menggunakan 2 kelas sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrol berjumlah 22 siswa dan kelas eksperimen berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan Tes berupa soal pilihan berganda dan di analisa menggunakan uji Normalitas, uji homogenitas dan Uji-T. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil hipotesis yang di peroleh nilai sig (2-tailed) 0,000< 0,05. Oleh karena itu H0 ditolak dan H1 diterima, makasih dapat di simpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran probing promting terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 2 Siabu Kab. Mandailing Natal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...