Jurnal Komprehenshif
Vol 3 No 2 (2025)

Penerapan Permainan Dialog dalam Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kesadaran Minat dan Bakat Siswa di SMA Negeri 1 Tanjung Morawa

Sembiring, Okia Sari (Unknown)
Lesmana, Gusman (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan permainan dialog dalam layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan kesadaran siswa terhadap minat dan bakat mereka. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Tanjung Morawa pada tahun ajaran 2024/2025 dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah delapan siswa kelas XI yang dipilih secara purposif berdasarkan hasil observasi dan wawancara awal. Teknik permainan dialog yang digunakan berbasis pendekatan konseling Gestalt, dilaksanakan melalui empat sesi layanan kelompok yang melibatkan eksplorasi dua sisi diri, identifikasi minat, penguatan potensi, dan penyusunan rencana pengembangan diri. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada lima indikator: kesadaran minat (87,5%), kepercayaan diri (75%), kemampuan menyebutkan bakat (75%), penyusunan rencana pengembangan diri (100%), dan partisipasi aktif dalam diskusi (87,5%). Temuan ini mengindikasikan bahwa teknik permainan dialog efektif membantu siswa mengenali potensi pribadi, meningkatkan rasa percaya diri, dan merancang langkah konkret untuk pengembangan diri mereka. Dengan demikian, permainan dialog layak dijadikan sebagai strategi alternatif dalam layanan bimbingan kelompok untuk pengembangan kesadaran diri siswa terhadap minat dan bakat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

komprehensif

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Komprehensif is Published by CV. Edu Tech Jaya. This journal aims to publish and disseminate original works and current issues on the subject of research and studies in the field of education. Articles published in journals are the result of research or ideas in the field of education ...