Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 5 No. 2 (2023): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Pemanfaatan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik di SMP Negeri 3 Alla

Jusriani (Unknown)
Nurhayani H. Muhiddin (Unknown)
Muhammad Harisah Alim (Unknown)
Fatmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mata pelajaran IPA dengan memanfaatkan media audiovisual. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis & McTaggart dalam 2 siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan & observasi, dan refleksi. Subjek penelitian meliputi peserta didik kelas VII SMPN 3 Alla, pada semester II tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 29 peserta didik. Teknik pengumpulan data melalui angket motivasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar peserta didik meningkat setelah diberi tindakan penggunaan media audiovisual. Motivasi belajar peserta didik mengalami peningkatan, yaitu dari pra tindakan diketahui sebanyak 3 peserta didik atau 10% yang meningkat menjadi 11 peserta didik atau 38% pada siklus 1. Pada siklus II, dengan perbaikan tindakan berupa kegiatan pembelajaran dengan cara peserta didik membuat poster setelah menyaksikan video pembelajaran. Adapun hasil yang diperoleh terjadi peningkatan jumlah peserta didik yang memiliki motivasi belajar minimal pada kategori tinggi yaitu sebanyak 24 peserta didik atau 84%. Pemanfaatan media audiovisual pada siklus II persentase keberhasilannya sudah mencapai >75% sehingga proses pembelajaran dapat dikatakan berhasil. Begitupun dengan hasil belajar. Sedangkan untuk hasil belajar juga mengalami peningkatan dimana sebelum diberikan Tindakan persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik pada tes awal 0%, siklus I meningkat menjadi 52%, dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 83%. Persentase ketuntasan hasil belajar pada fase2 telah mencapai 80% sehingga penelitian diakatan telah berhasil dan dihentikan. Dapat disimpulkan bahwa media audiovisual dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...