IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 3 No. 4 (2025): 2025

Perenialisme di Era Digital: Membentuk Manusia Unggul, Bukan Sekadar Cerdas

Salsabila, Annisa (Unknown)
Viona Putri Ramadhan (Unknown)
Herlini Puspika Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2025

Abstract

Masalah utama yang diangkat adalah pergeseran fokus pendidikan di era digital yang cenderung memprioritaskan keterampilan teknis dan pengetahuan faktual jangka pendek, mengabaikan pengembangan nilai-nilai fundamental dan kearifan abadi yang menjadi esensi perenialisme. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan relevansi dan implementasi filosofi pendidikan perenialisme di tengah pesatnya perkembangan era digital serta perannya dalam membentuk manusia unggul yang tidak hanya cerdas secara kognitif. Metode yang digunakan adalah studi literatur filosofis-analitis, yang melibatkan penelaahan kritis terhadap teks-teks klasik perenialisme, literatur pendidikan digital, dan konsep human excellence. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perenialisme menawarkan landasan filosofis yang kuat untuk mengatasi tantangan superficialitas digital dengan menekankan pada pendidikan kebijaksanaan, nilai moral universal, dan pemahaman akan kebenaran abadi. Implementasinya di era digital dapat dilakukan melalui kurikulum yang berpusat pada karya-karya klasik lintas disiplin, dialog Sokratik yang difasilitasi teknologi, dan penekanan pada pengembangan karakter otentik

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ihsan

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Fokus dan Ruang Lingkup Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam menerima naskah asli yang tidak diterbitkan dalam bahasa Indonesia atau Inggris, berdasarkan penelitian dari metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, campuran, atau metodologi apa pun yang terkait dengan ...