Jurnal Pengabdian Masyarakat Bhinneka
Vol. 4 No. 2 (2025): Bulan November

Peningkatan Kualitas Pembelajaran di KKG Gugus 2 Pakis: Pembelajaran Karakter P8 Melalui Deep Learning

Muntomimah, Siti (Unknown)
Sholeh, Agus (Unknown)
Muhaji, Uun (Unknown)
Astata, Naufal Ahmad (Unknown)
Qibtiyah, Mariyatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2025

Abstract

Program Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan karakter berbasis Profil Pelajar Pancasila di Kelompok Kerja Guru (KKG) melalui penerapan pendekatan deep learning. Selama ini, pendidikan karakter di sekolah dasar cenderung teoritis dan kurang kontekstual. Pendekatan deep learning diterapkan untuk mendorong pembelajaran yang bermakna, reflektif, dan relevan dengan kehidupan siswa. Kegiatan dilakukan dengan metode mixed methods melalui observasi, wawancara, serta pre-test dan post-test. Pre-test mengukur pemahaman awal guru tentang pendidikan karakter berbasis P5, sedangkan post-test menilai peningkatan setelah pelatihan dan pendampingan. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman guru, dengan rata-rata nilai meningkat dari 65 menjadi 87. Guru juga lebih termotivasi dan terampil merancang pembelajaran karakter yang reflektif dan kontekstual. Pendekatan deep learning terbukti efektif meningkatkan kualitas pendidikan karakter dan dapat direplikasi di wilayah lain.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Jpmb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Public Health

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Bhinneka (JPMB) published 4 (Four) times a year (February, July, September, November), contains disseminates every thought and idea on the results of research and the use of technology to be implemented to the public, including field of science; Mathematics and Natural ...