el-Ibtidaiy: Journal of Primary Education
Vol 8, No 2 (2025): el-ibtidaiy

Media Fun Thinkers Book dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Operasi Hitung Bilangan Cacah di Madrasah Ibtidaiyah

Herawati, Herawati (Unknown)
Rahman, Fatur (Unknown)
Hariyani, Mimi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2025

Abstract

Pembelajaran yang menarik merupakan pembelajaran yang melibatkan siswa dan memberikan pengalaman yang menyenangkan dalam proses pembelajaran. ketika pembelajaran yang dilakukan tidak menarik dapat membuat peserta didik bosan dan tidak memperhatikan pembelajaran, sehingga masih ada yang belum dapat memahami pelajaran yang telah dipelajarinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Fun Thinkers Book Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas I Pada Materi Operasi Hitung Bilangan di MIN 26 Aceh Besar. Jenis penelitian ini eksperimen quasi dengan teknik pengumpulan data tes. Analisis data menggunakan uji t Independent Sampel Test. Populasi penelitian yaitu seluruh Peserta didik kelas I di MIN 26 Aceh Besar, yang terbagi menjadi 2 kelas, kelas IA menjadi kelas kontrol dan kelas IB menjadi kelas eksperimen. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t Independent Sampel Test diperoleh nilai signifikan (2- tailed) 0,007 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima Ho ditolak. Dengan demikian terdapat pengaruh media Fun Thinkers book terhadap hasil belajar peserta didik kelas I pada materi operasi hitung bilangan cacah di MIN 26 Aceh Besar

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

elibtidaiy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics Social Sciences

Description

el-Ibtidaiy : Journal of Primary Education (e-ISSN 2615-6121/p-ISSN 2620-3251) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun yakni pada bulan April dan ...