Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sejauh mana pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap peningkatan pemahaman konsep matematika peserta didik. Pokok bahasan yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah materi peluang yang diajarkan kepada peserta didik Kelas X di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan pada Tahun Pelajaran 2025/2026. Kelas eksperimen diajarkan dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi berbentuk praktikum, instrumen pengumpulan data terdiri dari observasi dan test. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar < 0,001, yang berada di bawah taraf signifikan 5% (0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari pembelajaran berdiferensiasi berbentuk praktikum terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik pada materi peluang di Kelas X SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pengaruh pembelajaran berdiferensiasi berbentuk praktikum terhadap pemahaman konsep sebesar 71,3%.
Copyrights © 2025