Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial
Vol. 4 No. 3 (2025): Oktober

Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Pemahaman Konsep Berbentuk Praktikum Pada Materi Peluang Kelas X

Gowasa, Tertius (Unknown)
Panjaitan, Simon M. (Unknown)
Gultom, Sanggam P. (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sejauh mana pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap peningkatan pemahaman konsep matematika peserta didik. Pokok bahasan yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah materi peluang yang diajarkan kepada peserta didik Kelas X di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan pada Tahun Pelajaran 2025/2026. Kelas eksperimen diajarkan dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi berbentuk praktikum, instrumen pengumpulan data terdiri dari observasi dan test. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar < 0,001, yang berada di bawah taraf signifikan 5% (0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari pembelajaran berdiferensiasi berbentuk praktikum terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik pada materi peluang di Kelas X SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pengaruh pembelajaran berdiferensiasi berbentuk praktikum terhadap pemahaman konsep sebesar 71,3%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jipsi

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

he focus of this JIPSI journal is based on the results of educational research that contributes to the understanding, improvement, development of scientific theories and concepts and their application to education in Indonesia. The scope of education includes educational administration, guidance, ...