Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menjawab permasalahan yang dihadapi guru MTs dalam mengajarkan materi geometri dan penerapan pendekatan pemecahan masalah (problem solving). Fokus kegiatan adalah pada pendalaman filosofi dan konsep dasar geometri, serta pelatihan penerapan problem solving dalam pembelajaran. Pada pelatihan penguatan konsep geometri, peserta mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai makna konseptual di balik sifat-sifat bangun datar dan ruang, relasi antar-teorema, serta relevansinya dalam kehidupan sehari-hari. Hasil evaluasi menunjukkan lebih dari 80% peserta mampu memahami filosofi konsep geometri dan mengaitkannya dengan strategi pembelajaran. Sementara itu, melalui pelatihan problem solving, guru dilatih untuk mengenali tahapan pemecahan masalah mulai dari memahami persoalan, merancang strategi, melaksanakan solusi, hingga merefleksi hasil. Sebanyak 70% peserta berhasil menyusun perangkat pembelajaran berbasis problem solving yang aplikatif di kelas. Efektivitas kegiatan ini juga ditunjukkan melalui hasil pre-test dan post-test, di mana seluruh peserta mengalami peningkatan pemahaman, dengan beberapa mencapai peningkatan skor hingga 75 poin. Secara keseluruhan, kegiatan pengabdian ini berhasil meningkatkan pemahaman konseptual guru terhadap geometri, keterampilan pedagogik berbasis problem solving, serta kepercayaan diri dalam mengajar matematika secara lebih bermakna dan kontekstual.
Copyrights © 2025