self-esteem merupakan aspek penting dalam kehidupan individu karena berkaitan dengan kepercayaan diri, penilaian terhadap kemampuan akademis, nilai diri, dan penerimaan sosial. Individu dengan self-esteem yang sehat cenderung percaya pada kemampuan diri, mampu menghadapi tantangan, dan membangun hubungan yang positif, sedangkan self-esteem rendah dapat menimbulkan perasaan tidak berharga dan kurang percaya diri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran self-esteem siswa SMA Negeri Banda Aceh. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan sampel 346 siswa yang diambil melalui stratified random sampling. Data dikumpulkan menggunakan skala self-esteem 31 item dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa (79%) memiliki self-esteem pada kategori sedang. Berdasarkan aspek, power (kekuatan) 66% berada pada kategori sedang, significance (keberartian) 49% rendah, virtue (kebajikan) 51% sedang, dan competence (kemampuan) 49% tinggi. Secara keseluruhan, self-esteem siswa mencerminkan keseimbangan antara rasa percaya diri dan kesadaran akan keterbatasan diri, ditandai dengan penerimaan diri yang baik, rasa dihargai dalam lingkungan sosial, optimisme, dan kemampuan menerima kritik.
Copyrights © 2025