Edukatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 2 No 2 (2025): Edukatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat

Peningkatan Motivasi Mengajar Guru Madrasah Tsanawiyah Melalui Workshop Pendekatan Pembelajaran Mendalam dan Bermakna

Bina, Nuraini Sri (Unknown)
Nurhayati, Nurhayati (Unknown)
Sari, Ria Eka (Unknown)
Harianja, Robert (Unknown)
Tampubolon, Taruly (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2025

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan motivasi mengajar guru Madrasah Tsanawiyah yang selama ini masih rendah akibat keterbatasan pemahaman pembelajaran mendalam dan dominasi metode konvensional. Program dilaksanakan di MTs Al-Fauzi dengan melibatkan 20 guru melalui workshop inovatif berbasis praktik langsung, diskusi kolaboratif, dan simulasi perangkat ajar. Hasil awal menunjukkan motivasi guru didominasi kategori sedang (45%) dan rendah (35%), sementara hanya 20% yang tinggi. Setelah pelatihan, distribusi berubah signifikan: motivasi rendah menurun menjadi 10%, sedang 30%, dan tinggi meningkat hingga 60%. Pergeseran ini menegaskan bahwa pelatihan inovatif efektif dalam memperkuat motivasi guru untuk mencoba strategi baru, meningkatkan keterlibatan siswa, dan membangun suasana kelas yang lebih aktif. Dengan demikian, kegiatan ini berkontribusi nyata terhadap penguatan motivasi profesional guru sekaligus mendukung implementasi Kurikulum Merdeka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edukatif

Publisher

Subject

Education

Description

Edukatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat adalah jurnal yang menerapkan double blind peer-review yang didukung oleh Open Journal System (OJS). Edukatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat mempunyai fokus kepada suatu kegiatan yang bersifat mendidik, membina, memberikan latihan, dan pengajaran kepada ...