Penelitian ini berujuan untuk mengetahui kelayakan media Pop-Up Book dengan model pembelajaran POE (Predict Observe Explain) pada mata pelajaran IPAS materi keragaman budaya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang mempunyai tahapan (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Sampel penelitian ini merupakan siswa kelas IV SDN Bangka. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrument penelitian yang digunakan yaitu angket validasi ahli media dan materi, serta angket respons peserta didik. Berdasarkan hasil pengembangan diperoleh data sebagai berikut: 1) Hasil validasi kelayakan media pop-up book dari ahli media sebesar 87% dengan kriteria sangat layak. 2) Hasil validasi kelayakan media pop-up book dari ahli materi sebesar 86% dengan kriteria sangat layak. 3) Hasil rata-rata respon peserta didik dari kelompok kecil sebanyak 96% yang masuk pada kategori sangat baik. 4) Hasil rata-rata respon peserta didik dari kelompok besar sebanyak 92% yang masuk pada kategori sangat baik. Sehingga dapat dikatakan bahwa media pop-up book layak digunakan pada pembelajaran dengan materi keragaman budaya.
Copyrights © 2025