Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 6 (2025): Irje 2025

Efektivitas Program Pengembangan Kompetensi Guru Berbasis Sekolah terhadap Profesionalisme dan Kinerja di SMPN 3 Koto Gasib

Tumilah, Tumilah (Unknown)
Nasution, Nurliana (Unknown)
Herlinawati, Herlinawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas Program Pengembangan Kompetensi Guru Berbasis Sekolah (School-Based Teacher Development Program/SB-TDP) terhadap peningkatan profesionalisme dan kinerja guru di SMP Negeri 3 Koto Gasib. Pendekatan penelitian menggunakan metode kualitatif dengan jenis fenomenologi, melibatkan guru, kepala sekolah, dan pemangku kepentingan sekolah sebagai informan utama. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara tematik melalui tahapan reduksi data, kategorisasi, dan interpretasi makna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan SB-TDP di sekolah ini cukup efektif dalam menumbuhkan profesionalisme reflektif, kolaborasi sejawat, serta peningkatan kemampuan pedagogis guru. Program in-house training, komunitas belajar guru, dan mentoring sejawat terbukti mendorong inovasi pembelajaran dan keterlibatan guru dalam organisasi sekolah. Namun demikian, beberapa hambatan masih ditemui, seperti keterbatasan waktu, beban kerja tinggi, serta kurangnya pendampingan pascapelatihan. Dukungan kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan budaya kolaboratif antar guru menjadi faktor kunci keberhasilan program ini. Penelitian ini menegaskan pentingnya desain pengembangan kompetensi guru yang kontekstual, berkelanjutan, dan berbasis pada kebutuhan nyata di sekolah untuk meningkatkan kinerja serta mutu pembelajaran secara berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...