Jurnal Teknologi Pendidikan
Vol 14 No 1 (2025): Jurnal Teknologi Pendidikan

PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD BERBASIS AUGMENTED REALITY DENGAN ASSEMBLR EDU MATERI BANGUN DATAR MELALUI PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA BUDAYA BETAWI DI SDN CINANGKA 04

Jamilah, SITI (Unknown)
Widyasari, Widyasari (Unknown)
Hartono, Rudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan Media Flashcard Berbasis Augmented Reality menggunakan Assemblr Edu Materi Bangun Datar Melalui Pendekatan Etnomatematika Budaya Betawi Di SDN Cinangka 04. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan observasi terhadap siswa, ditemukan bahwa penggunaan media pembelajaran inovatif masih kurang dan siswa terlihat pasif serta kurang termotivasi dalam belajar. Penelitian ini menggunakan model ASSURE yang diintegrasikan dengan model Borg and Gall. Sampel penelitian ini terdiri dari 30 siswa kelas IV.A SDN Cinangka 04. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan perhitungan N-Gain. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes. Berdasarkan hasil pengolahan data, hasil uji kelayakan dari ahli materi diperoleh angka sebesar 93%, ahli desain instruksional 100%, ahli desain media sebesar 91%. Hasil pengujian efektivitas menggunakan rumus N-Gain Score, didapat hasil sebesar 0,90 dengan kategori tinggi dan konversi tingkat pencapaian adalah cukup efektif. dengan demikian, hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan Media Flashcard Berbasis Augmented Reality menggunakan Assemblr Edu Materi Bangun Datar Melalui Pendekatan Etnomatematika Budaya Betawi Di SDN Cinangka 04 sangat layak dan efektif untuk digunakan

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

TEK

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Teknologi Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang terbit 2 kali dalam 1 tahun berisi artikel dan hasil penelitian para peneliti, akademisi, dan praktisi di bidang ...